May 5, 2010

HTML dengan XHTML, apa bedanya ??

Pada postingan tugas sebelumnya, saya membahas tentang pengertian dasar Cascading Style Sheet (CSS) yang digunakan untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Sekarang, saya akan membahas perbedaan antara HTML dengan XHTML.
Hyper Text Markup Language atau yang sering disebut HTML merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet. HTML itu sendiri berisi kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Dengan menggunakan perintah-perintah HTML memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas berikut :
  • Menentukan ukuran dan alur tulisan.
  • Mengintegerasikan gambar dengan tulisan.
  • Membuat Pranala.
  • Mengintegerasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.
  • Membuat form interaktif.

 Berikut ini merupakan bagian - bagian dari HTML :
    1. Head
      Bagian header dari document HTML, di dalam bagian ini biasanya dimuat tag TITLE yang menampilkan judul dari halaman pada titlenya browser. Selain itu Bookmark juga megunakan tag TITLE untuk memberi mark suatu web site.
    2. Element Body
      Bagian BODY,  merupakan tubuh atau isi dari dokumen HTML dimana anda meletakan informasi yang akan ditampilkan pada browser.
    3. Tag
      HTML tidak membedakan penggunaan huruf besar ataupun huruf kecil dari suatu elemen. Suatu elemen HTML terdiri dari tag-tag beserta teks yang ada dalam tag-tag tersebut. Tag ini dinyatakan dengan tanda lebih kecil (<) dan tanda lebih besar (>). 
    4. Atribute
      Tag awal bisa memiliki beberapa buah atribut yang menyatakan karakteristik dari tag tersebut, digunakan untuk membuat rata kiri suatu paragraf.
    Sedangkan  eXtensible Hyper Text Markup Language, atau lebih dikenal dengan XHTML adalah bahasa markup penerus dan pengembangan dari HTML yang memiliki kemampuan yang kurang lebih mirip HTML, tapi dengan aturan sintaks yang lebih ketat. Ada pula yang mengatakan bahwa XHTML merupakan gabungan dari HTML dan XML. Dimana HTML didesain untuk menampilkan data dan XML didesain untuk menjelaskan data. Pada XHTML terdapat beberapa aturan, yaitu :
    • Setiap tag harus ditulis dengan huruf kecil.
    • Memberi penutup untuk setiap tag.
    • Membuka dan menutup tag pada sarang yang benar.
    • Atribut tag ditulis dengan huruf kecil dan memakai tanda petik.
    XHTML masih menggunakan elemen pada HTML, meski beberapa penambahan dan penyempurnaan.  Berikut beberapa elemen yang digunakan pada XHTML :
    Struktur Body, Head, Html, Title
    Teks abbr, acronym, address, blockquote, br, cite, code,dfn, div, em, h1, h2, h3, h4,h5, h6, kbd, p, pre, q, samp, spam, strong, var
    Hypertext a
    List dl, dt, dd, ol, ul, li
    Form form, input, label, select, option, textaarea
    Tabel caption, table, td, th, tr
    Gambar / Image img
    Link link




    Referensi :
    Wikipedia (HTML)
    Wikipedia (XHTML)

    No comments:

    Post a Comment